Memuat Halaman

Tunggu sebentar..

Kita sedang meracik semuanya

Ditulis oleh

menit dibaca

Tentang Penulis

Background Tombol Langganan
Logo HIlir Ilmu

HIlir Ilmu

Ayo dukung kami dengan berlangganan!

Facebook

Twitter

Instagram

Laporkan Penyalahgunaan

Kolom Komentar

Postingan Populer

Langkah Awal Memulai Pemrograman
Artikel
Pada zaman yang modern ini, banyak sekali aplikasi yang telah beredar. Banyak sekali aplikasi yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaa...
Bayu Samudra
//blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZmyzRNvcJPWUNPxHGTzxvUVkc8FxIQGwLRKvldwmltD4NVwhXbhbFgHtwoABKfUl7__U33deSQDgfdCawHRtbDCB79xPBbFIaapDcv9RqvfUcp-TnBGMjhSdBmIhhMgg/s220/bamboo.png
https://www.blogger.com/profile/14847931847769041084
Januari 25, 2020
https://hilir-ilmu.blogspot.com/2020/01/langkah-awal-memulai-pemrograman.html
C2. Pemrograman

Pada zaman yang modern ini, banyak sekali aplikasi yang telah beredar. Banyak sekali aplikasi yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Google, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Dengan aplikasi-aplikasi yang telah beredar saat ini, kita tidak perlu lagi susah mencari ojek. Kita juga tidak perlu susah lagi untuk memesan makan. Hanya bermodal internet, gadget, dan energi listrik, hampir semua sesuatu dapat dilakukan dengan gadget. Apakah anda pernah terpikirkan bagaimana Bill Gates membuat Windowsnya sehingga tekenal pada masa ini? Hal itu dimulai dengan adanya memprogram aplikasi andalannya lalu memasarkannya kepada publik sehingga ia menjadi orang terkaya pada masa ini.

Banyak sekali keuntungan yang dapat kita capai dengan memprogram. Dengan memprogram, kita dapat membuat program atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan memprogram sendiri juga, kita tidak perlu bayar mahal-mahal kepada developer lain untuk membeli aplikasinya. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan memprogram dengan memasarkan aplikasi kita pada Play Store.

Banyak sekali orang yang ingin belajar memprogram, mulai dari kalangan muda hingga kalangan dewasa. Akan tetapi, banyak sekali orang-orang yang ingin mempelajari pemrograman bingung bagaimana seharusnya mereka belajar. Pada kali ini, penulis akan memberikan beberapa trik yang dapat anda dilakukan untuk memulai mempelajari pemrograman.

Langkah-langkah Mempelajari Memprogram

  1. Mengumpulkan niat yang tulus untuk mempelajari pemrograman
    Hal yang paling pertama dilakukan adalah mengumpulkan niat untuk mempelajari pemrograman. Mempelajari pemrograman bukan hal yang mudah. Dibutuhkan banyak kesabaran dan tekad yang kuat untuk mempelajarinya. 
  2. Paham dan mengerti apa yang dimaksud dengan pemrograman
    Hal ini perlu dilakukan jika anda ingin sukses mempelajari pemrograman. Anda harus mengerti apa yang dimaksud dengan pemrograman. Dengan mengetahui pemrograman, anda akan tahu tujuan anda untuk apa mempelajari pemrograman serta keuntungan apa saja yang dapat anda raih jika anda mempelajarinya.
  3. Memilih bahasa pemrograman yang sesuai
    Setelah anda paham tujuan anda mempelajari pemrograman, anda perlu memilih bahasa pemrograman yang seusai untuk anda. Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang menjembatani bahasa komputer dan bahasa manusia. Jika anda ingin memberikan perintah-perintah anda kepada komputer, anda harus memberikan perintah tersebut dalam bahasa yang dapat komputer pahami. Banyak sekali bahasa pemrograman yang tersedia pada masa ini. Anda perlu memilih satu dari sekian ratus bahasa pemrograman yang tersedia. Perdalamlah bahasa pemrograman yang anda pilih. Jika anda bingung harus memilih bahasa pemrograman yang cocok untuk anda, cobalah bertanya pada diri anda apa tujuan anda mempelajari pemrograman. Temukanlah bahasa pemrograman yang cocok bagi anda pada bagan berikut ini.

    Gambar 1 
     Bagan pemilihan bahasa pemrograman

    Jika diurutkan berdasarkan tingkat kesulitannya, bahasa pemrograman diatas yang paling mudah adalah bahasa Python. Tingkat kepopuleran bahasa Python pun sangat tinggi. Bahasa Python sering digunakan pada pemrograman web dan desktop. Bahasa Pyton banyak digunakan di perusahaan-perusahaan web besar, salah satunya adalah Google. Bagi anda yang ingin mempelajari bahasa pemrograman yang mudah dan menguntungkan, Bahasa Python merupakan solusi yang tepat bagi anda.
  4. Pelajari bahasa pemrograman dengan sepenuh hati
    Pelajarilah secara mendalam bahasa pemrograman yang telah anda pilih. Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman dari buku-buku yang telah dijual pada toko buku terdekat anda. Jika anda malas untuk membeli buku, anda juga dapat mempelajarinya di internet. Banyak sekali website yang memberikan tutorial mempelajari suatu bahasa pemrograman.
  5. Buatlah sebuah proyek sederhana
    Buatlah sebuah proyek sederhana untuk mengasah kemampuan pemrograman anda. Buatlah program mulai dari program menampilkan halo dunia, menghitung luas lingkaran, menghitung volume tabung, dan lainnya. Semakin banyak jam terbang anda, semakin terasah anda dalam memprogram.
  6. Bergabung dengan komunitas-komunitas yang ada di dunia maya
    Sebagai pemrogram, kita tidak bisa hidup sendiri. Mungkin pada suatu saat, anda merasa kebingungan untuk mencari solusi dari masalah yang anda hadapi saat memprogram. Dengan mengikuti komunitas pemrograman, anda dapat bertanya kepada ahli-ahli pemrogranab yang ada di komunitas tersebut. Bertanyalah dengan sopan dan ucapkan terima kasih setiap anda bertanya agar anda dihormati di komunitas.

Penutup

Segala sesuatu pasti dapat dipelajari, asalkan ada niat dan tekad yang kuat. Mempelajari pemrograman bukan sesuatu yang mudah seperti membalikan tangan. Perlu ikhtiar dan semangat yang kuat untuk mempelajarinya. 

Sumber

  • Gambar 1 telah Desain oleh Freepik
  • Gambar 2 telah diambil dari http://carlcheo.com/startcoding
  • https://www.codepolitan.com/cara-enjoy-memulai-belajar-pemrograman
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman

Label

BlogArchive

data:titleArsip Blog
data:styleHIERARCHY

data:data

data:data.name2020
data:data.post-count7
data:data.url
data:data.data[Array - Sub of this]
data:data.posts[Array - data:title and data:url]

Postingan Populer

Mengenai Saya