Memuat Halaman

Tunggu sebentar..

Kita sedang meracik semuanya

Ditulis oleh

menit dibaca

Tentang Penulis

Background Tombol Langganan
Logo HIlir Ilmu

HIlir Ilmu

Ayo dukung kami dengan berlangganan!

Facebook

Twitter

Instagram

Laporkan Penyalahgunaan

Kolom Komentar

Postingan Populer

Teks Editor untuk Pemrograman Pascal
Artikel
 Pada tutorial sebelumnya, kita telah membahas mengenai cara menginstall free pascal pada komputer yang hendak kita gunakan untuk membuat...
Bayu Samudra
//blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZmyzRNvcJPWUNPxHGTzxvUVkc8FxIQGwLRKvldwmltD4NVwhXbhbFgHtwoABKfUl7__U33deSQDgfdCawHRtbDCB79xPBbFIaapDcv9RqvfUcp-TnBGMjhSdBmIhhMgg/s220/bamboo.png
https://www.blogger.com/profile/14847931847769041084
Februari 23, 2020
https://hilir-ilmu.blogspot.com/2020/02/teks-editor-untuk-pemrograman-pascal.html
C2. Pemrograman
C2.1. Bahasa Pascal

 Pada tutorial sebelumnya, kita telah membahas mengenai cara menginstall free pascal pada komputer yang hendak kita gunakan untuk membuat program. Pada tutorial kali ini, kita akan membahas mengenai teks editor yang bisa digunakan untuk membuat program dalam bahasa pascal.

Teks Editor

Pada dasarnya, teks editor adalah alat yang dapat kita gunakan untuk menulis sebuah berkas (file) dalam komputer. Teks editor ini sangat banyak sekali jenisnya, hanya saja dalam memudahkan kita dalam memprogram kita bisa gunakan teks editor berikut.
  1. Notepad
    Gambar 2. Notepad
    Bagi anda yg menggunakan sistem operasi Windows, pasti anda sangat kenal dengan teks editor satu ini. Dalam menyusun program pascal, kita dapat gunakan teks editor ini. Jika anda menggunakan sistem operasi windows, anda tidak perlu lagi untuk memasang notepad. Untuk membuka notepad, anda bisa menekan ⊞ Win+ R lalu tuliskan notepad lalu klik OK maka keluarlah notepad.
  2. Notepad++

    Gambar 3. Notepad++

    Notepad++ adalah salah satu alternatif bila anda merasa ‘sakit mata’ dengan notepad. Untuk menggunakan notepad++, anda perlu mengunduh dan enginstalnya terlebih dahulu. Teks editor ini sangat saya sarankan apabila anda ingin menggunakan teks editor yang ringan tetapi mempermudah dalam menyusun program. Hal itu disebabkan teks editor ini memiliki fitur syntax highlight dan autocomplete. Selain itu dengan teks editor ini, kita dapat menyusun program dengan lebih rapi karena teks editor ini memberikan indent atau spasi pada setiap baris dalam skrip yang kita buat sehingga mudah dibaca.
    Untuk mengunduh teks editor ini, klik disini.
  3. Visual Studio Code
    Gambar 4. Visual Studio Code
    Bagi anda yang ingin menggunakan teks editor professional dengan fitur yang lengkap, anda bisa gunakan visual studio code. Visual studio code ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti adanya console dalam text editor, syntax highlight, autocomplete, serta autoindent. Visual studio code pada dasarnya tidak mendukung bahasa pascal, tetapi anda bisa memasang ekstensi pascal di visual studio code. Penulis biasa menggunakan teks editor ini untuk membuat program karena adanya console dalam teks editor sehinga tidak perlu ‘bulak-balik’ membuka Command Prompt.
    Jika anda ingin mengunduh VS Code, klik disini.
  4. Free Pascal IDE

    Gambar 5. Free Pascal IDE
    Free pascal IDE sebenarnya adalah teks editor bawaan dari free pascal. Pada dasarnya, anda sudah menginstall program ini. Anda bisa membukanya dengan mencarinya di menu atau membuka dari cmd dengan mengetik perintah fp. Untuk membukanya dalam cmd, kita perlu menambahkan path folder free pascal pada variable PATH.
  5. Lazarus

    Gambar 6. Lazarus IDE
    Lazarus sebenarnya adalah IDE khusus untuk membuat program dalam bahasa pascal. Dengan IDE ini, kita bisa membuat program console maupun program GUI. Bagi anda yang ingin menekuni bahasa pemrograman satu ini, Lazarus bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat program dalam bahasa pascal.
    Jika anda ingin mengunduh Lazarus, klik disini.
  6. Sublime Text
    Gambar 7. Sublime Text

    Terakhir, Sublime text adalah teks editor yang populer di kalangan pemrogram. Desain dari teks editor ini elegan dan dapat mempercepat kinerja dalam menulis program. Sayangnya, teks editor ini tidak gratis, anda perlu membeli lisensinya untuk pemakaian lebih lanjut.
    Jika anda ingin mengunduh Sublime Text, klik disini.

Penutup

Itulah beberapa teks editor yang dapat digunakan untuk memprogram dalam bahasa pascal. Pilihlah teks editor yang akan digunakan dan kenalilah lingkungan yang ada di teks editor tersebut agar anda dapat menggunakan teks editor tersebut secara maksimal.

Sumber

  1. Gambar 1 didesain oleh Vectorstock
  2. Gambar 6 diambil dari Wikipedia atas lisensi Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported.
  3. Gambar 7 diambil dari website resmi Sublime Text

Label

BlogArchive

data:titleArsip Blog
data:styleHIERARCHY

data:data

data:data.name2020
data:data.post-count7
data:data.url
data:data.data[Array - Sub of this]
data:data.posts[Array - data:title and data:url]

Postingan Populer

Mengenai Saya